Pelatihan Motivasi Berbahasa Inggris untuk Siswa ACCESS

Sebagai upaya memkasimalkan penggunaan bahasa Inggris di kalangan siswa ACCESS, tim ACCESS Jember menyelenggarakan Pelatihan Motvasi Berbahasa Inggris atau Training on English Achievement Motivation (TEAM) pada hari Sabtu, 8 Agustus 2020. Hadir sebagai pemateri, motivator bahasa Mohammad Fadil yang sekaligus sebagai perancang TEAM. Sebanyak 60 peserta siswa ACCESS hadir pada kegiatan pelatihan itu yang terdiri dari 40 siswa SMA dan 20 mahasiswa perguruan tinggi.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama 4 jam itu, peserta mendapat suntikan motivasi dari motivator/trainer mengenai pentingnya menjaga semangat berbahasa Inggris kapanpun dan di manapun. Selain memberikan materi teori, pelatihan yang dilaksanakan dalam bahasa Inggris ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk praktek bersama kelompok. Karena situasi pandemi, pelatihan dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi Zoom. Namun, hal itu tidak mengurangi semnagat siswa untuk mengikuti pelatihan hingga akhir.

Dalam pelatihan ini, siswa diingatkan kembali tentang sederhananya bahasa Inggris untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bersama teman yang memiliki pemahaman dan semangat yang sama untuk menggunakan bahasa Inggris. “Kita yang terlibat dalam program ACCESS ini sangat beruntung karena dekat dengan situasi bahasa Inggris. Kita sudah memiliki teman, guru, dan komunitas berbahasa Inggris. Ini anugerah yang luar biasa untuk membiasakan berbahasa Inggris bersama komunitas kita,” kata Fadil, berbicara kepada siswa ACCESS dalam bahasa Inggris.

Sebagaimana diketahui, UPT Bahasa Universitas Jember dipercayai oleh Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta untuk menyelenggarakan program ACCESS yang merupakan beasiswa belajar bahasa Inggris bagi siswa dan mahasiswa. Program ini berjalan selama 2 tahun, mterhitung mulai Oktober 2018 hingga September 2020. Sebanyak 60 peserta mengikuti program ini setelah melalui seleksi yang sangat ketat. 60 peserta tersebut berasal dari SMA sebanyak 40 orang dan Perguruan Tinggi sebanyak 20 orang.

Selama 2 tahun peserta dilatih kemampuan bahasa Inggris dan budaya Amerika. Semua peserta mendapatkan pelatihan ini secara gratis karena biaya ditanggung sepenuhnya oleh Kedutaan Amerika Serikat. Selain itu, peserta juga mendapatkan uang transport perjalanan mereka dari rumah ke UPT Bahasa. Di era pandemi ini uang transport peserta diganti menjadi uang pulsa Internet.

Previous Article
Next Article